SOAL
UN 2013-2014
Industri
kimia seperti alkohol, dalam proses pembuatannya mencemari lingkungan.
Akibatnya, limbah cair yang dikeluarkan ke lingkungan sekitarnya menjadi sangat
besar pula. Air limbah ini mengandung mikroorganisme, senyawa organik, dan
anorganik (baik terlarut maupun tersuspensi), serta seyawa tambahan yang
terbentuk selama proses fermentasi berlagsung. Industri ini mempunyai limbah
cair dari proses produksinya, air sisa pencucian pralatan, limbah padat berupa
onggokan hasil perasan, endapan CaSO4, serta gas berupa uap yang mencemari air
dan udara. Artinya, air limbah alkohol bersifat mencemari dan merusak
lingkungan.
1.
Simpulan
paragraf tersebut adalah ...
A. Limbah industri termasuk limbah yang
mencemari air dan udara.
B. Industri kimia menghasilkan limbah cair
yang dapat mencemari lingkungan.
C. Air limbah alkohol bersifat mencemari
dan merusak lingkungan.
D. Selain limbah cair, limbah industri
memiliki limbah padat.
E. Limbah cair dari industri kimia terjadi
saat proses fermentasi.
2. Tujuan penulis dalam paragraf tersebut
adalah ...
A. Agar masyarakat hati-hati terhadap
limbah apapun dan dimanapun berada.
B. Menginformasikan bahwa limbah industri
kimia dapat mencemari air dan udara.
C. Mengajak industri mendaur ulang limbah
pabrik yang dihasilkannya.
D. Agar pengelola industri memberi
perhatian terhadap limbah padat mereka.
E. Menjelaskan bahaya proses fermentasi
terhadap diri seseorang.
Cermati tabel berikut
untuk menjawab soal nomor 3 dan 4!
Rekapitulasi
Jenjang Lanjutan Siswa SMA Garuda
Tahun Pelajaran 2012-2013
|
Kelas
|
Unair
|
ITS
|
Unesa
|
UI
|
UGM
|
ITB
|
Unpat
|
Lain-lain
|
Jml
|
|
XII
IPA-1
|
10
|
7
|
4
|
2
|
4
|
6
|
2
|
3
|
38
|
|
XII
IPA-2
|
8
|
11
|
2
|
3
|
3
|
3
|
2
|
6
|
38
|
|
XII
IPA-3
|
10
|
8
|
5
|
2
|
4
|
4
|
-
|
5
|
38
|
|
XII
IPA-4
|
8
|
9
|
4
|
3
|
3
|
3
|
2
|
6
|
38
|
|
XII
IPA-5
|
9
|
8
|
4
|
2
|
4
|
6
|
2
|
3
|
38
|
|
XII
IPS-1
|
11
|
6
|
6
|
2
|
4
|
2
|
2
|
5
|
38
|
|
XII
IPS-2
|
12
|
9
|
-
|
7
|
6
|
-
|
-
|
4
|
38
|
|
XII
IPS-3
|
11
|
8
|
4
|
5
|
4
|
-
|
2
|
4
|
38
|
|
Jumlah
|
77
|
68
|
28
|
27
|
32
|
24
|
12
|
36
|
304
|
3. Kalimat pernyataan yang sesuai dangan
isi tabel tersebut adalah ...
A. Siswa lulus SMA Garuda lebih banyak memilih
jurusan teknik daripada umum.
B. Siswa IPS lebih banyak diterima di Unair
daripada siswa IPA.
C. Jumlah siswa SMA Garuda lebih banyak
diterima di ITB dari pada UI.
D. Perguruan tinggi yang paling banyak
menerima sisiwa SMA Garuda adalah ITS.
E. Kelas XII IPS 1 adalah kelas yang
siswanya paling sedikit diterma di ITS.
4. Simpulan isi tabel tersebut adalah ...
A. Jumlah siswa SMA Garuda lebih banyak
diterima di perguruan tinggi di Surabaya dari pada diluar Kota Surabaya.
B. Jumlah siswa lulusan SMA Garuda lebih
banyak diterima di UNPAT dari pada ITB.
C. Jumlah lulusan siswa IPS SMA Garuda yang
diterima di Unair paling banyak jumlahnya dibandingkan perguruan tinggi yang
lain.
D. Jumlah lulusan siswa SMA Garuda baik
jurusan IPA maupun IPS lebih banyak diterima di ITB dari pada di UI.
E. Jumlah lulusan siswa kelas XII IPS 2
paling banyak jumlahnya diterima di UI diikuti oleh siswa kelas XII IPA 2.
Kutipan tajuk rencana berikut untuk menjawab
soal nomor 5 dan 6. Bacalah dengan seksama!
Badan pusat statistik memasukkan
pangan sebagai penentu garis kemiskinan. Oleh karena itu, pemerintah
berkepentingan menjaga harga pangan selalu stabil. Program Presiden dalam masa
jabatan keduanya adalah memastikan ada cadangan beras sepuluh juta ton yang
haruss diusahakan dari produksi dalam negeri. Keuntungan memproduksi sendiri
pangan didalam negeri adalah menghindarkan ketergantungan dari impor sehingga
Indonesia memiliki ketahanan dan kedaulatan pangan. Memproduksi pangan didalam
negeri memberikan lapangan kerja didesa dan kota melalui kegiatan diladang
hingga industri pengolahan.
5. Opini redaksi yang terdapat dalam
kutipan tajuk rencana tersebut adalah ...
A. Pangan bukan sebagai penentu bagi garis
kemiskinan.
B. Pemerintah berkepentingan menjaga harga
pangan selalu stabil.
C. Presiden memastikan indonesia memiliki
cadangan beras.
D. Produksi pagan indonesia selalu stabil
dan terkendali.
E. Indonesia sudah memiliki kitahanan dan
kestabilan pangan.
6. Pihak yang dituju oleh redaksi dalam
tajuk rencana tersebut adalah ....
A. Perusahaan
B. Pengimpor
C. Pemerintah
D. Masyarakat
E. Pedagang
Teks
berikut untuk soal nomor 7 s.d. 9. Bacalah dengang seksama!
(1)Sepertinya banyak yang menaruh harpan tinggi kepada ganda campuran
untuk mempersembahkan gelar juara di India Terbuka Super Series. (2) Ganda
campuran itu berambisi meraih gelar ketiga kalinya di India. (3) Di semi final
kemarin, Aprilia, satu-satunya tunggal putri Indonesia kandas ditangan unggulan
kedua asal Jerman, Juliant Schenk, 21-18. (4) Banyak yang mengakui permainannya
terlalu menonton dan sering kali membuat kesalahan sendiri. (5) Permainan depan
juga diduga dilakukan terburu-buru untuk mematikan bola.
7. Kalimat utama paragraf tersebut terdapat
pada nomor ...
A. (1)
B. (2)
C. (3)
D. (4)
E. (5)
8. Kalimat yang berisi fakta terdapat pada
nomor ...
A. (1)
B. (2)
C. (3)
D. (4)
E. (5)
9. Makna istilah turnamen dalam paragraf tersebut adalah ...
A. Pertandingan olahraga yang menggunakan
bola
B. Festival ganda campuran beregu
C. Pertandingan antara regu pria dan wanita
D. Pertandingan yang diikuti beberapa regu
E. Lomba olahraga yang dilaksanakan beregu
10.
Bacalah paragraf berikut dengan seksama!
(1) Cuaca ekstrem akhir-akhir ini dengan panas yang sangat menyengat
memang dirasakan masyarakat. (2) Udara disiang hari mencapai 34-35 derajat
celius membuat orang gerah. (3) Berdasarkan data Badan Meteorologi Klimatologi
dan Geofisika (BMKG), gangguan sistem cuaca diatmosfer akhir-akhir ini
disebabkan oleh gangguan tropis dampak menghangatnya suhu muka laut perairan
Indonesia. (4) Selain itu, juga faktor La Nina yang masih berlangsung hingga
saat ini. (5) Oleh karena itu, kondisi ini membuat masyarakat berbondong-bondong
membeli alat-alat elektronik berupa kipas angin dan AC.
Kalimat
yang tidak padu dalam paragraf
tersebut terdapat pada kalimat nomor ...
A. (1)
B. (2)
C. (3)
D. (4)
E. (5)
Teks berikut untuk soal
nomor 11 dan 12. Bacalah dengan seksama!
|
Dengan
segala potensi yang dimilikinya itu, televisi telah mendatangkan banyak
perdebatan yang tidak kunjung berakhir. Bagi orang dewasa, mungkin apa yang
ditampilkan oleh televisi itu bukanlah sebuah masalah besar sebab mereka
sudah mampu memilih, memilah, dan memahami apa yang ditayangkan dilayar
televisi. Namun, bagaimana dengan anak-anak? Dengan segala kepolosan yang
dimilikinya, belum tentu mereka mampu menginterpretasi apa yang mereka
saksikan di layar televisi dengan tepat dan benar. Padahal, Keith W. Mielke
sebagaiman dikutip oleh Arin Hadayati dalam bukunya berjudul Televisi dan perkembangan sosial anak
mengatakan bahwa masalah paling mendasar bukanlah jumlah jam yang dilewatkan
si anak untuk menonton televisi, melainkan program-program yang ia tonton dan
bagaimana para orang tua seperti guru memanfaatkan program-program ini untuk
sedapat mungkin membantu kegiatan belajar mereka.
|
11. Ide pokok paragraf tersebut adalah ....
A. Banyaknya perdebatan acara televisi
B. Ketidakmampuan anak menginterpretasi
tontonan
C. Perbedaan peran televisi bagi anak
D. Pemanfaatan program televisi untuk
belajar
E. Jumlah jam tontonan televisi untuk anak
12. Mengapa televisi menjadi bahan
perdebatan yang tidak kunjung berakhir?
A. Karena orang tuan dan guru khawatir
dengan keadaan anak-anak
B. Karena banyaknya program televisi yang
tidak mendidik anak-anak.
C. Karena orang dewasa dapat memilih dan
memilah program yang baik untuk ditonton.
D. Karena anak-anak belum mampu
menginterpretasi tontonan televisi.
E. Karena televisi selalu membawa masalah
terhadap anak-anak bangsa.
Cermati
penggalan hikayat di bawah ini untuk menjawab soal nomor 13 dan 14!
|
Maka
didalam antara menteri yang banyak itu ada seorang menteri yang tua dari pada
menteri yang banyak itu. Maka ia pun berkata “Jika sungguh tuan hamba bersaudarakan
hamba sekalian ini, dengan tulus dan ikhlas, hendaklah tuan hamba katakan,
jika apa sekalipun.” Setelah itu maka menteri tua itu pun berkatalah,
katanya, “Bahwasannya hamba ini mendengar, tatkala hamba lagi kecil dahulu,
perkataan mahrum yang tua itu; maka sabdanya, mahrum itu, “Adapun akan
negeriku ini, jikalau tiada lagi rajanya, maka hendaklah dilepaskan gajah
kesaktian itu, barang siapa yang berkenan kepadanya, ia itulah raja olehmu,
supaya sentosa di dalam negri ini.” Setelah dudengar oleh sekian menteri dan
hulubalang itu akan kata menteri itu, maka sekaliannya pun berkenanlah
didalam hatinya kata itu.
|
13. Karakteristik sastra Melayu berupa
kemustahilan dalam kutipan tersebut adalah ...
A. Pemilihan raja ditentukan oleh seekor
gajah.
B. Raja yang turun tangan dalam memilih
penggantinya.
C. Ketidaksentosaan dalam sebuah negeri
yang dipimpin raja yang baik.
D. Keberatan raja yang menyerahkan gajah
sekitarnya kepada menteri.
E. Sebuah negeri yang dipimpin oleh seekor
gajah.
14.
Nilai budaya yang terkandung dalam kutipan sastra Melayu klasik tersebut adalah
...
A. Melakukan pemilihan raja berdasarkan
adat kebiasaan di zaman pendahulunya.,
B. Menurunkan tahta kerajaan kepada
generasi garis keturunan raja.
C. Kebiasaan Tuan Putri tidak boleh
berbicara bila berhadapan dengan seorang raja.
D. Anggapan bahwa seorang raja harus
dihormati dan didengar perintahnya.
E. Seorang menteri dan hulubalang raja
tidak boleh menentang perintah raja.
Cermati kutipan
biografi berikut ini untuk menjawab soal nomor 15 dan 16!
Ir.
H. Joko Widodo lahir di Surakarta, 21 Juni 1961, merupakan alumnus UGM. Sejak
15 Oktober Jokowi menjabat sebagai Gubernur DKI. Tokoh yang jujur dan selalu
bekerja keras ini dikenal dengan gaya blusukannya ke pelosok ibukota. Berbagai
penghargaan telah beliau raih, antara lain ia termasuk salah satu tokoh terbaik
dalam pengabdiannya kepada rakyat.
Sebagai tokoh seni dan budaya,
beliau dinilai paling bersih dari korupsi. Namun demikian, usahanya di bidang
upah minuman provinsi (UMP) mengalami kendala oleh tindakan buruh yang
memanggil kembali perwakilannya saat sidang berlangsung. Buah dari pertemuan
tersebut dewan pengupahan menetapkan UMP sebesar Rp 2,2 juta.
15. Keteladanan Jokowi pada kutipan wacana
tersebut adalah ...
A. Alumni UGM yang cinta seni dan budaya
B. Gemar blusukan ke pelosok wilayahnya
C. Mengadakan pertemuan dengan dewan
pengupahan
D. Menjadi tokoh seniman terkemuka di DKI
Jakarta
E. Menerima berbagai penghargaan dan gelar
16.
Masalah
yang dihadapi tokoh Joko Widodo berdasarkan paragraf tersebut adalah ...
A. Jokowi mengundurkan diri dari calon
presiden pada tahun 2014.
B. Jokowi mengundurkan diri dari anggota
DPRD Surakarta.
C. Jokowi harus bekerja keras untuk
membangun provinsi DKI Jakarta.
D. Tindakan buruh yang memanggil kembali
perwakilannya saat sidang berlangsung.
E. Budaya blusukan Jokowi ke pelosok
ibukota sering ditentang oleh masyarakat DKI Jakarta.
17.
Cermatilah kutipan gurindam berikut!
Jika
hendak mengenal orang berbangsa
Lihat
kepada budi bahasa
Maksud
isi kutipan gurindam tersebut adalah ...
A. Bahasa yang santun adalah bahasa yang
dipahami semua bangsa.
B. Perkembangan bahasa sebuah bangsa
bergantung pada pemakaiannya.
C. Bahasa yang digunakan seseorang
mencerminkan dari mana orang itu berasal.
D. Tutur kata dan tingkah laku seseorang
menunjukkan pribadi orang tersebut.
E. Orang yang berbangsa adalah orang yang
berbudi dan berbahasa baik.
18. Cermati puisi berikut!
Tua
Dunia kerat
Usia kepadamu
Sujud
luka
Zikir
cabik
Harapan
ditimba
Surga
(Abdul
karim ibrahim)
Ciri
yang menonjol dari puisi kontemporer tersebut adalah...
A. Membolak-balik kata
B. Mantra
C. Simbol
D. Campur aduk bahasa
E. Tipografi
Cermatilah
puisi berikut untuk menjawab soal nomor 19 s.d. 21!
|
Sinar
Di sudut hitam
itu
Kulihat betapa
tajam sinarmu
Menusuk hati
dan jiwaku
Namun apa daya
Ketika kucoba menangkapnya
Sinar itu
menghilang bagai ditelan badai
Hari ini pun
meredup
Bagai malam
ditinggalkan sang rembulan
Tak ada
harapan
Tak ada sinar
Dan
sinar itu tak akan kembali
(Rian
Andriani)
|
19. Puisi tersebut menggambarakan suasana...
A. Kebimbangan
B. Kekecewaan
C. Kebahagiaan
D. Ketakutan
E. Keheningan
20. Makna lambang kata sinar dalam puisi tersebut adalah ...
A. Cahaya terang
B. Tujuan hidup
C. Harapan hidup
D. Tantangan hidup
E. Ketenangan hidup
21. Maksud larik terakhir puisi tersebut
adalah ...
A. Harapan untuk memiliki seseorang yang
dikagumi dan dicintai.
B. Keinginan untuk memiliki seseorang yang
menjadi dambaan hati.
C. Keinginan untuk mencintai seseorang,
tetapi banyak hambatan.
D. Usaha untuk memiliki orang yang dicintai
mendapat tantangan.
E. Kekecewaan seseorang karena gagal
mendapatkan sesuatu yang diinginkan .
Kutipan novel berikut
untuk mengerjakan soal nomor 22 s.d. 24. Bacalah dengan seksama!
|
Seperti biasa, Bapak Sukonto Legowo
siap mengajar lagi. Ia bawa buku-bukunya melewati lorong kelas yang sudah
sering dilewatinya hampir selama dua puluh tahun. Dinding-dinding yang sama
tua dengannya, koyakan dinding tua yang terkelupas seakan menyapa rama
matahari sore yang bersinar lemah diantara daun-daun tinggi taman kampus ikut
tersenyum ramah. Matahari seakan juga ikut bercerita kepada daun-daun taman
kampus, kepada gedung kampus, juga kepada buku yang dibawa sang dosen, betapa
selama ini sang dosen telah menjadikan seseorang bisa berjalan dalam dunia
ilmu ketingkat selanjutnya, membuatkan anak tangga pengetahuan kesetiap anak
manusia yang dibimbingnya. Bagaimana pun sang dosen telah berbuat banyak
dalam melestarikan ilmu pengetahuan, betapa sang dosen telah banyak menyentuh
kehidupan disekitar nya, dan betapa sedikit manusia mengetahui dan
menghargainya.
(5 cm, Donny Dhirgantoro)
|
22. Watak tokoh Sukonto Legowo dalam kutipan tersebut adalah ...
A. Rajin dan ramah sekali
B. Lugu dan jujur
C. Santun dan setia
D. Jujur dan sabar
E. Sabar dan bertanggung jawab
23. Watak tokoh Sukonto Legowo dalam kutipan tersebut dideskripsikan melalui
cara...
A. Dialog antartokoh
B. Monolog tokoh
C. Suasana sekitar tokoh
D. Tingkah laku tokoh
E. Uraian langsung
24. Kutipan tersebut mempunyai latar cerita
dunia pendidikan. Hal tersebut dibuktika dengan pemakaian kata-kata...
A. Kampus, dosen, mengajar
B. Dosen, ujian, buku
C. Gedung, taman, lorong
D. Kelas, buku, pengetahuan
E. Matahari, dunia ilmu, dosen
Kutipan
cerpen berikut untuk soal nomor 25 dan 26. Bacalah dengan seksama!
|
“bahkan ibu bersedia pergi kepada
apa yang disebut orang-orang pintar, dari satu pulau ke pulau lain. Padahal,
ibu begitu benci pada ilmu mistik. Ibu tidak percaya pada semua yang tidak
masuk akal. Namun, banyak yang menasehati ibu harus percaya dan mencobanya
juga. Maklumlah alam timur masih penuh dengan hal-hal gaib, termasuk hal-hal
yang berkaitan dengan mistik. Semua itu ibu lakukan untuk mendapatkan engkau
maniek. Betapa ibu mendambakan kelahiranmu, Nduk.
(Rumah Tanpa Cinta, Titiek W.S)
|
25. Keterkaitan watak tokoh ibu seorang yang bimbang pada kutipan
tersebut dengan kehidupan sehari-hari adalah ....
A.
Pasrah
pada kehendak yang Mahakuasa
B.
Prinsip
seseorang akhirnya goyah mendengarkan nasehat orang
C.
Berusaha
keras dan berserah diri kepada Tuhan
D.
Bersemangat
karena ingin mendapatkan anak secara medis
E.
Menjunjung
tinggi logika dalam berusaha mendapatkan anak
26. Konflik yang terdapat dalam kutipan
tersebut adalah...
A.
Harus
menemui orang yang disebut orang-orang pintar
B.
Tokoh
ibu yang tidak percaya pada semua yang tidak masuk akal
C.
Tokoh
ibu menuruti kata orang untuk berobat kepada orang pintar
D.
Keinginan
untuk segera mendapatkan keturunan
E.
Tidak
mempercayai mistik, tetapi tetap melakukan pekerjaan itu
27.
Bacalah kutipan drama berikut!
|
Ibu :”Tuan, saya ... saya belum
dapat lunasi sekarang, Untuk berobat juga tidak ada...”(batuk-batuk)
Pemilik :( Mengejek)”Saya tidak
memaksa, Mak Udin, tetapi saya juga perlu uang. Kalau terus menunggu. Kapan
saya dapat hidup? Padahal banyak orang lain yang mau menyewa rumah ini,...”
Ibu : (Mencoba duduk, tetapi
rebah kembali karena lemah). “saya mohon kemurahan hati, Tuan ... kalau saya
sembuh akan segera melunasinya (batuk-batuk), atau ...atau kami akan pindah
saja,”
Pemilik : (Berdiri dan menutup
pintu)”bagus, tapi yang enam bulan jangan lupa ...”
Ibu : (Terbaring lemah, tangannya
menggapai meja dekat tempat tidur akan mengambil gelas, tetapi gelas
terjatuh).
Udin : (Memasuki ruangan,
ditangannya ada bungkusan).
Udin : (Mendekat, memegang bahu
ibu nya):”Ibuuu!( menangis)”Udin terduduk didekat tempat tidur, kepalanya
menelungkup kedekat bantal tempat ibunya terbaring dengan tenang.
|
Masalah yang diungkap dalam kutipan
drama tersebut adalah...
A. Kemiskinan yang dialami sebuah keluarga
B. Ketidak berdayaan dalam mengambil sebuah
keputusan
C. Kesetiaanseorang anak kepada ibunya
D. Kepedulian seseorang dalam kehidupan
sehari-hari
E. Ketidak sabaran seseorang dalam menagih
janji
28.
perhatikan paragraf berikut!
|
Konservasi dan
pengelolahan terhadap pulau-pulau kecil terluar merupakan dua hal yang tidak
dapat dipisahkan. Karena itu,... kasus sengketa pulau sipadan dan ligitan
yang dimenangi oleh malaysia atas dasar penguasaan efektif melalui konservasi
penyuh dan burung adalah contoh pentingnya peran konservasi dalam menjaga
kedaulatan Negara Republik Indonesia (NKRI). Belajar dari hal tersebut,
Indonesia dapat menerapkan sistem konservasi sebagai sarana untuk menjaga
pulau-pulau kecil terluar.
|
Isian
yang tepat untuk melengkapi bagian yang rumpang adalah ...
A. Pemerintah memiliki kewajiban mendasar
untuk mengelolanya dengan baik
B. Pemerintah berkewajiban mengembangkan
potensi yang ada diudara wilayah tersebut
C. Pemerintah berkewajiban mengembangkan
model konservasi berbasis masyarakat
D. Pengembangan kemasan konservasi perairan
perlu mendapat perhatian dari semua pihak
E. Semua pihak berkewajiban menjaganya demi
kedaulatan bangsa.
29. Cermati paragraf berikut!
Suasana
desa dipegunungan itu sangat sejuk. Disamping sejuk, udaranya... Apalagi dipagi
hari, terasa nyaman sekali berjalan mengelilingi desa sambil menghirup... Udara
didesa itu jauh dari polusi. Tidak mengherankan jika warga didesa itu hidup
sehat sehingga ...
Frasa
yang tepat untuk melengkapi paragraf tersebut adalah...
A. Sangat bersih, udara segar, berusia lanjut
B. Begitu indah, nafas segar, sangat tua
C. Sangat sedap, angin segar, kurang lanjut
D. Sangat bersih, angin segar, tua renta
E. Sangat sedap, udara segar, lanjut sekali
30.
Bacalah paragraf berikut dengan seksama!
|
Sebatang lidi ternyata sangat rapuh, mudah dipatahkan
dan dihancurkan. Namun, bila beberapa batang lidi disatukan menjadi seikat
sapu lidi, ia akan menjadi sangat kuat dan sulit dipatahkan. Ia juga akan
dapat berguna untuk membersihkan halaman yang kotor. Manusia yang hidup
seorang-seorang atau secara individu ternyata juga sangat mudah dipengaruhi
orang lain. Cita-citanya akan mudah dihancurkan. Namun, bila ia hidup bersatu
dengan kelonpoknya, ia akan dapat mewujudkan cita-citanya itu karena
teman-temannya menolongnya. Ia pun tak akan mudah dihasut sehingga
kehidupannya akan tetap tenang dan sentosa. Sekelompok manusia yang bersatu
aakn mudah menghalau orang-orang jahat yang ada disekitarnya...
|
Kalimat
simpulan analogi yang tepat untuk paragraf tersebut adalah...
A. Jelaslah, bahwa sebatang lidi yang mudah
dipatahkan sama dengan manusia yang individualistis
B. Jadi, sekelompok manusia yang bersatu
dapat disamakan dengan fungsi sapu lidi membersihkan kotoran
C. Jadi, cita-cita manusia tidak akan mudah
dipatahkan bila manusia itu meniru sifat sapu lidi
D. Jelaslah, bahwa persatuan yang kuat pada
manusia dapat diibaratkan dengan seikat sapu lidi
E. Jadi, sapu lidi merupakan kumpulan lidi
yang sulit dipatahkan atau dihancurkan manusia
31.
Cermatilah paragraf berikut!
|
Kepala desa Candisari menghimbau para petani agar
tidak menanami seluruh sawahnya dengan tanaman padi karena tanah didesa itu
kurang subur untuk tanaman padi. Namun, ternyata tetap ada petani yang
menanam padi. Menurut hasil penelitian, yang menanam padi ada 5%. Sebanyak
30% menanam jagung, 40% menanam kacang kedelai, dan 25% menanam kacang
tanah...
|
Kalimat
simpulan yang tepat untuk paragraf tersebut adalah...
A. Begitulah pada umumnya petani di Desa
Candisari tidak suka menanam padi.
B. Jadi, menanam palawija lebih
menguntungkan bagi petani Desa Candisari
C. Dengan demikian, didesa Candisari
tanaman palawija lebih cocok ditanam dari pada padi
D. Sebab itu, jika menanam padi diDesa
Candisari, hasilnya pasti akan merugi
E. Karenanya, padi merupakan tanaman yang
harus ditanam ditanah yang subur
32.
Cermati silogisme tberikut!
|
Premis umum : Siswa SMA Nusa
mengikuti upacara bendera setiap hari senin pagi.
Premis khusus : Anita siswa SMA
Nusa.
Simpulan : Anita mengikuti
upacara bendera setiap hari senin pagi`.
|
Kalimat
entimem yang tepat dari silogisme tersebut adalah ...
A. Anita adalah siswa SMA Nusa karena ia
selalu mengikuti upacara bendera setiap Senin pagi.
B. Anita mengikuti upacara bendera setiap
hari Senin pagi karena ia siswa SMA Nusa.
C. Karena Anita selalu mengikuti upacara
bendera setiap hari Senin pagi, maka Anita adalah siswa SMA Nusa.
D. Karea Anita adalah siswa SMA Nusa maka
ia selalu mengikuti upacara bendera setiap hari Senin pagi.
E. Anita adalah siswa SMA Nusa karena siswa
SMA Nusa mengikuti upacara bendera setiap hari Senin pagi
33.
Cermatilah paragraf berikut!
|
Kesuksesan orang tidak datang begitu saja. ...
seseorang akan maju bila dirinya mau bekerja keras. Hal ini akan terlihat
dari... yang dilakukannya. Di samping itu, dia berani melakukan ....
|
Kata
baku yang tepat melengkapi paragraf tersebut adalah...
A. Kariir, aktipitas, inopasi-inopasi
B. Karir, aktifitas, inovasi-inovasi.
C. Karier, aktipitas, inovasi-inovasi
D. Karier, aktipitas, inopasi-inopasi
E. Karier, aktivitas, inovasi-inovasi
34.
Cermatilah bagian penutup surat berikut!
|
Demikian
lamaran ini kami sampaikan. Atas perhatian
bapak/ibu kami ucapkan terima kasih.
|
Agar
menjadi kalimat efektif, bagian kalimat yang harus diperbaiki adalah....
A.
Bapak/ibu menjadi bapak/ibu
B.
Kami ucapkan menjadi saya mengucapkan
C.
Perhatian menjadi perhatian kami
D.
Pertimbangan bapak/ibu menjadi pertimbangannya
E. Kami
ucapkan menjadi diucapkannya
35. Kalimat pembuka yang tepat untuk surat
balasan lamaran pekerjaan adalah ...
A. Menjawab surat Saudara tanggal 21
Januari 2014 tentang penerimaan pegawai baru, kami ingin memberi tahuka
beberapa hal berikut.
B. Membalas surat Saudara tanggal 21
Januari 2014 tentang penerimaan pegawai baru, kami sampaikan beberapa hal
berikut.
C. Meninjuk surat Saudara tanggal 21
Januari 2014 tentang penerimaan pegawai baru, maka kami ingin menjelaskan beberapa
hal berikut.
D. Mengingat Surat Saudara tanggal 21
Januari 2014 tentang penerimaan pegawai baru, maka kami ingin memberitahukan
tentang beberapa hal berikut.
E. Sesuai dengan Surat Saudara tanggal 21
Januari 2014 tentang penerimaan pegawai baru kami memberitahukan beberapa hal
berikut.
36.
Cermati ilustrasi berikut!
|
OSIS
MAN 2, akan mengadakan pentas seni, Sabtu, 8 April 2014. Acara diadakan pada
pukul 08.00 sampai dengan pukul 13.00. tempat acara di Aula MAN 2.
|
Penulisan
pemerian acara dalam surat undangan sesuai ilustrasi tersebut adalah ...
A.
Hari,
tanggal : Sabtu, 8 April 2014
Pukul : 08.00 – 13.00
Tempat
: Aula MAN 2
Acara
: Pentas Seni Siswa
B.
Hari,
tanggal : Sabtu, 8 April 2014
Pukul
: 08.00 – 13.00
Tempat
: Aula MAN 2
Acara
: Pentas Seni Siswa
C.
Hari/Tanggal
: Sabtu, 8 April 2014
Pukul
: 08.00 – 13.00
Tempat
: Aula MAN 2
Acara
: PENTAS SENI SISWA
D.
Hari/tanggal
: Sabtu, 8 April 2014
Pukul
: 08.00 – 13.00
Tempat
: Aula MAN 2
Acara
: pentas seni siswa
E.
Hari,
tanggal : Sabtu, 8 April 2014
Waktu
: pukul 08.00 – 13.00
Tempat
: aula MAN 2
Acara
: pentas seni siswa
37.
Bacalah paragraf dengan seksama!
|
“tolak
lah kejahatan itu dengan cara yang lebih baik.” Kita harus dapat menunjukkan
rasa dengki dengan emosi yang terkendali, kesabaran yang menyejukkan, dan
menentamkan. Tatkala menerima kata-kata kotor tetaplah tenang, bila perlu
anggap saja kata-kata itu sebagai angin lalu yang tidak pernah kembali.
Walaupun, kata-kata itu sungguh membuat ....., sangat menyakitkan hati.
|
Ungkapan yang tepat untuk melengkapi
paragraf tersebut adalah ...
A.
Muka
tembok
B.
Tangan
dingin
C.
Rendah
hati
D.
Hati
bimbang
E.
Naik
darah
38.
Cermati ilustrasi berikut!
|
Enam tahun Fahman menjadi sopir
pribadi keluarga Bapak Sugianto. Dengan rasa ikhlas Fahman melayani setiap
anggota keluarga Bapak Sugianto kemana pun pergi. Merekan pun merasa tenang
dan puas dengan pelayanan yang diberikan oleh Fahman selama ini. Mobil yang
di pegang Fahman pun selalu bersih, nyaman, dan siap mengantar mereka karena
perawatan dan pemakaian yang baik sang pengemudi. Tetapi hari naas pun
terjadi. Fahman dipecat dari pekerjaannya karena sekali datang terlambat
mengantar anak Pak Sugianto ke sekolah.
|
Peribahasa yang sesuai untuk ilustrasi
tersebut adalah...
A.
Habis
gelap terbitlah terang.
B.
Patah
tumbuh hilang berganti.
C.
Panas
setahun dihapuskan hujan sehari.
D.
Dimana
bumi dipijak, disitulah langit dijunjung.
E.
Disangka
panas hingga petang, kiranya hujan tengah hari.
39.
Bacalah kutipan berikut!
|
Dalam beberapa minggu terakhir,
perfilman kita diramaikan oleh film yang diadaptasi dari salah satu novel
karya Dee Dewi Lestari, Perahu kertas.
Film besutan Hanung Bramantyo tersebut dibuat dua bagian. Mungkin dirasa
kurang jika hanya dirangkum hanya dalam satu film saja. Perahu kertas, kisah
remaja yang menuju proses kedewasaan merupakan karya Dee yang cukup ringan
dibandingkan karya-karya lainnya, seperti
Supernova, Filosofi kopi, maupun kumpulan cerita pendek Madre.
Mengisahkan
tentang dua orang remaja, keenan dan kugy. Keenan baru pulang dari Amsterdam,
digambarkan sebagai seorang cowok yang tinggi, ganteng, cerdas dan memiliki
bakat melukis. Namun kecintaannya pada melukis tidak serta merata mendapat
restu dari orang tuanya, terutama papanya karena papanya berharap keenan akan
menjadi penerus perusahaan trading
miliknya. Selain itu, ada kisah masa lalu Yang ingin dikubur dalam-dalam.
Kugy adalah seorang remaja putri yang tidak terlalu peduli pada penampilan,
bertubuh mungil, memiliki obsesi sebagai penulis dongeng dan menganggap
dirinya sebagai agen Neptunus. Kugy punya kegemaran melukis
pesan-pesan khusus di atas kertas, lalu kertas dilipat seperti perahu dilipat
kemudian dihanyutkan di laut, atau aliran air. Kugy berharap pesannya akan
sampai pada Neptunus.
Dee
cukup piawai merangkai cerita remajanya yang nama salah satu tokoh utama
adalah keenan, diambil dari nama anak pertamanya. Selayaknya cerita remaja,
memang kisahnya tidak terlalu berat atau rumit yang bikin kening
berkerut-kerut. Justru kisahnya sangat mudah dicerna dan dinikmati.
|
Kalimat yang menyatakan keunggulan novel
berdasarkan kutipan diatas adalah...
A.
Novel”Perahu
Kertas” telah diadaptasi menjadi sebuah film yang sukses.
B.
“perahu
kertas”berkisah tentang dunia remaja dengan lika-liku masalah keseharian.
C.
“Perahu
Kertas”disajiakn dengan alur yang tidak rumit dan kisahnya sangat mudah
dicerna.
D.
“Perahu
Kertas”merupakan karya best seller dari Dewi Lestari selain “Supernova”dan
“Madre”.
E.
Keenan
dan kugy adalah dua tokoh utama novel “Perahu Kertas”dengan sifat dan watak
yang berlawanan.
40.
Cermati paragraf berikut!
|
Kita harus berhati-hati menjaga sebuah
asuransi. Kalau perusahaan asuransi tidak bissa menepati janjinya akan
menjadi prosedur buruk bagi
perusahaannya sendiri. Sementara, petugas asuransi yang dikonfrontasi melalui telepon tidak menjawab, bahkan dihubungi
via pesan singkat tidak membalas. Hal itu membuat masyarakat semakin
antisipasi terhadap perusahaan asuransi.
|
Istilah yang tepat untuk memperbaiki
paragraf tersebut adalah ...
A.
Citra,
dikonfirmasi, aktivasi
B.
Prestasi,
dihubungi, aktivatif
C.
Presiden,
dihubungi, anti-pati
D.
Preseden,
dikonfirmasi, antipati
E.
Citra,
dihubungi, anti pati
41.
Bacalah paragraf berikut
|
Menjadikan BUMN sebagai penyelenggaraan transportasi Lebaran
terbaik bukan diraih dengan tiba-tiba dan tanpa kerja keras. Berbagai langkah
dan pemikiran dituangkan dalam
pengaturan peaksanaan yang harus dipatuhi oleh semua elemen di BUMN
sehingga semua karyawn dapat melaksanakan sesuai dengan standart kerja dan
standart penyelamatan yang sudah
digariskan pimpinan.
|
Perbaikan yang tepat untuk pemakaian
kata berimbuhan bercetak miring paragraf tersebut adalah ........
A.
Menyelenggarakan,pengatur,penyelamat.
B.
Penyelenggara,aturan,menyelamatkan.
C.
Penyelenggara,peraturan,selamatan
D.
Penyelenggara,peraturan,keselamatan.
E.
Penyelenggaraan,mengatur,penyelamatan
42.
Perhatikan dialog berikut !
|
Parjo : “Saya mau berhenti dari tempat kerja
ini !”(sambil mengepalkan tangan penuh kemarahan)
Rahmat
:”Ada apa jo, mbok yang sabar ! kenapa ?”(berkata rendah)
Parjo :”Apa yang aku lakukan kok selalu
salah”.(suaranya meninggi)
Rahmat :”jo, kau kan sudah hafal dengan
sifatnya”(meredahkan)
Parjo :”...”
Rahmat :”Ya,itu lah yang selalu dilakukan pada
kita, tidak menghargai hasil kerja orang lain.”
|
Kalimat
yang tepat untuk melengkapi bagian yang rumpang dialog tersebut adalah
.........
A.
Ingin
rasanya aku memukul wajahnya yang selalu tampak menjengkelkan.
B.
Dia
memang selalu memandang orang lain dengan sebelah mata.
C.
Sebetulnya
ia orang yang rendah diri karena ia tidak berpendidikan tinggi.
D.
Dia
selalu berhati – hati kalau memperbaiki mobilnya di bengkel.
E.
Maksudmu
, kita harul mengalah terus dan mengakui
keunggulannya?
43. Cermatilah
pantun berikut!
|
Pergi
berlibur ke pantai
Pulangnya
naik odog – odong
Jadilah
anak yangg pandai
.............
|
Larik yang tepat untuk melengkapi
panttun tersebut adalah ...
A.
Jangan
selalu tolong – menolong
B.
Perangai
baik dan tidak sombong
C.
Punya
teman suka menolong
D.
Jangan
bicara omong kosong
E.
Punya
otak janganlah bolong
44. Cermatilah
kalimat karya ilmiah berikut !
|
Topik :
Pengaruh Media Elektronik terhadap Sikap Siswa dalam Mengikuti Pembelajaran.
|
Kalimat
rumusan masalah yang sesuai dengan topik tersebut adalah ...
A.
Apakah
media elektronik membuat anak malas belajar pada saat mengikuti PBM ?
B.
Sejauh
mana pengaruh media elektronik terhadap sikap siswa dalam mengikuti PBM ?
C.
Mengapa
media elektronik membuat siswa kurang peduli mengikuti pembelajaran ?
D.
Apa
sebab siswa lebih senang bermain HP daripada memperhatikan pelajaran di sekolah
?
E.
Kapan
saja tampak pengaruh media elektronik terhadap kegiatan pembelajaran ?
45. Cermatilah
topik karya ilmiah berikut !
|
Topik :
Pemanfaatan Obat Tradisional dalam Meningkatkan Kesehatan Masyarakat
|
Kalimat
latar belakang yang tepat sesuai dengan topik tersebut adalah ...
A.
Daya
beli masyarakat akan obat kedokteran atau obat modern sangat rendah.
B.
Masyarakat
masih kurang paham manfaat obat tradisional terhadap kesehatan
C.
Obat
tradisional harganya lebih murah dibandingkan obat modern
D.
Obat
tradisional murah dan mudah mendapatkannya di lingkunggan kita
E.
Harga
obat modern dan obat kedokteran saat ini semakin mahal.
46. Baca
cermat naskah pidato berikut !
|
Bapak/Ibu
yang terhormat,
Minggu
depan para siswa akan mengikuti Ujian Nasional. Ujian Nasional menjadi salah
satu tolak ukur kemampuan putra putri Bapak/Ibu.. kami selaku pihak sekolah
wajib bekerja sama dengan Bapak/Ibu selaku orang tua para siswa....
|
Kalimat persuasif yang
tepat untuk melengkapi naskah pidato tersebut adalah ...
A. Marilah, kita bimbing anak – anak kita
dan kita ciptakan suasana yang kondusif untuk belajar, baik di rumah maupun di
sekolah.
B. Keberhasilan para siswa tergantung pada
kerja sama pihak sekolah dan pihak orang tua selaku pembimbing yang di rumah.
C. Keberhasilan para siswa dalam ujian
nasional juga mencerminkan keberhasilan orang tua di rumah dan Bapak/Ibu guru
di sekolah
D. Siswa, orang tua, dan Bapak/Ibu guru
adalah tiga pilar utama untuk meraih keberhasilan bidang pendidikan
E. Ujian Nasional adalah program pemerintah
untuk pemerataan kualitas pendidikan yang perlu dukungan dari semua pihak
47. Cermati
kutipan berikut !
|
Salah satu tema yang disukai penyair sufi adalah
tema ‘pencarian hakikat diri yang batin, universal, dan tidak berjejak di
mana pun selain dalam wujud diri manusia yang terdalam’. Sajak Sanusi Pane
“Mencari” menunjukkan kepada kita bahwa puisi merupakan sarana atau tangga
naik menuju pengalaman transendental walaupun menggunakan ungkapan – ungkapan
yang diambil dari perjalanan lahir. Sajak tersebut juga memiliki kaitan
dengan tema ‘pencarian hakikat dari batin manusia’ yang digemari para penulis
sufi.
|
Kalimat kritik yang tepat sesuai
dengan kutipan tersebut adalah ...
A. Sajak “Mencari” Karya Sanusi Pane
memiliki kekhususan yang temanya hanya dipahami para penulis sufi dan sulit
dipahami oleh masyarakat awam.
B. Tema ‘pencarian hakekat diri manusia’
menjadi ciri khas puisi – puisi Sanusi Pane karena dia termasuk salah satu
penyair berpahaman sufi.
C. Sajak “Mencari” karya Sanusi Pane sangat
terkait dengan tema ‘pencarian hakekat diri batin manusia’ yang merupakan ciri
khas sajak sufi.
D. Puisi – puisi yang berfungsi sebagai
sarana atau tangga menuju penggalaman transendental merupakan ciri khas puisi –
puisi kaum sufi.
E. Puisi tetap disebut sebagai puisi transendental
selama selalu berkaitan dengan ‘pencarian hakikat diri batin manusia’
48. Penulisan judul yang sesuai dengan EYD
adalah ...
A. Peningkatan Swa Sembada Pangan
B. Perhatian pada Wawasan Kebangsaan dan
Swa Sembada Pangan
C. Penanganan Swa Sembada Pangan oleh
Petani
D. Pemberdayaan Pertanian dalam Peningkatan
Swasembada Pangan
E. Peningkatan Kesejahteraan Bangsa Dengan
Swasembada Pangan
49. Cermati
puisi berikut !
|
Jeritan Duka Korban
Tsunami
Kesenangan
dan keceriaan musnah
Dihemas
oleh kekuatan Tuhan
Tsunami
Kenangan
pahit membelenggu pikiran kami
Kenangan
pahit menelan
...
Jeritan
dan tangisan menggema
Hidup
ini bagaikan tak berarti bagiku
(Zaky
Esta Pradikto)
|
Majas klimaks yang
tepat untuk melengkapi puisi di atas adalah ...
A. Kecamatan, kelurahan bahkan RW dan RT
B. Puluhan, ratusan, bahkan ribuan jiwa
C. Seratus ribu, sepuluh ribu, seribupun
aku tak punya
D. Mampirlah di gubuk kami
E. Jangankan gedung, rumah, gubuk pun aku
tak punya
50.
Cermatilah kutipan esai berikut !
|
Pengajaran sastra di sekolah dari hari ke hari
semakin sarat dengan persoalan. Keluhan dari para guru dan sastrawan tentang
rendahnya tingkat apresiasi sastra menjadi bukti konkret persoalan dalam
pembelajaran sastra di sekolah. Persoalan yang dimaksud di antaranya
pengetahuan dan kemampuan dasar para guru di bidang kesastraan sangat
terbatas, buku dan bacaan penunjang di sekolah juga terbatas, kurikulum yang
hanya menempelkan pembelajaran sastra pada pembelajaran Bahasa Indonesia ,
serta minat siswa terhadap sastra sangat rendah ...
|
Simpulan paragraf
tersebut adalah ...
A. Banyak sekali siswa yang tidak mau
belajar.
B. Sangat sulit memahami karya sastra itu.
C. Sungguh menyenangkan belajar sastra itu.
D. Pembelajaran sastra bermasalah.
E. Ternyata tidak hanya sastra yang
bermasalah.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar